Kamis, 18 Juni 2015

Mengajar bukan hal yang mudah!


Mengajar dan menjadi guru bukan hanya pagi datang ke sekolah, masuk kelas sepanjang hari, pulang sekolah bermain/jalan-jalan sama temen, sampe rumah nonton tivi atau online social media, dan tidur tengah malam. Hidupnya guru gak seperti yang dibayangkan atau yang dilakukan para siswa. Bahkan, mungkin para siswa tidak pernah membayangkan betapa berat kehidupan para guru.

Kami (sebagai guru) harus mempersiapkan banyak hal. Mulai dari materi apa yang harus dipelajari siswa, pemilihan buku teks, bagaimana agar siswa tertarik belajar, tugas jenis apa yang membantu siswa lebih memahami materi dan lainnya. Selain itu, kami masih harus mengoreksi hasil pekerjaan siswa, menghitung dan memasukkan nilai, membuat penilaian sikap, membuat tinjauan materi, memikirkan apa yang harus dilakukan pada siswa yang kurang memahami materi bahkan juga memikirkan apa yang harus dilakukan pada siswa yang sudah menguasai materi, bagaimana agar para siswa bekerjasama dan saling membantu untuk memahami materi. Guru juga memikirkan perasaan setiap siswa saat di kelas, ada yang kurang bersemangat, ada yang memperhatikan dengan baik, bahkan ada yang terlalu bersemangat dengan bersuara keras.

Belum lagi kalau bapak/ibu guru yang sudah memiliki keluarga, mereka masih harus memikirkan keluarganya, bukan hanya para siswa.

Guru juga manusia yang tidak sempurna, memiliki kelebihan dalam suatu hal dan kekurangan dalam hal lain. Guru juga dapat membuat kesalahan didalam kelas, baik secara sengaja, maupun tidak sengaja. Jika kesalahan dilakukan secara sengaja, maka guru pun patut menadapat hukuman (hukuman bukan dari siswa, tetapi dari pihak yang berwenang seperti kepala sekolah bahkan kepolisian). Jika dilakukan secara tidak sengaja, sebaiknya memaklumi dengan kondisi dan lingkungan guru yang terkadang juga mengalami masalah, musibah dan hal lain yang mungkin belum terbayangkan oleh siswa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar