Jumat, 15 Juli 2016

Udah siap PPL/KPL belum?


Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) khususnya dalam prodi pendidikan, adalah kegiatan praktik mengajar di kelas dan sekolah sesungguhnya. Dulu, kegiatan ini dilakukan selama satu tahun ajaran penuh, kemudian diperpendek menjadi satu semester (6 bulan), lalu diperpendek lagi menjadi setengah semester (3 bulan) dan yang terakhir saya ikuti pada tahun 2015, diperpendek lagi menjadi hanya 1,5 bulan atau 6 minggu.


Baru-baru ini istilah PPL diganti dengan KPL, yaitu Kajian Praktik Lapangan. Inti kegiatannya sama, yaitu mahasiswa jurusan pendidikan praktik mengajar di sekolah.

mindmap PPL
 Ini adalah mindmap yang telah saya buat berdasarkan pengalaman saya saat mengikuti PPL sebagai Mahasiswa Universitasi Negeri Malang (UM), Prodi S1 Pendidikan Biologi selama 6 minggu, yaitu 12 Januari – 20 Februari 2015.

Banyak hal yang ingin saya tulis dan saya bagi kepada mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan PPL ini. Saya ingin menjelaskan pengalaman saya secara detail dan menyeluruh. Ditulisan saya nantinya akan ada kisah-kisah saya selama mengajar sebagai mahasiswa PPL di sekolah. Selain itu, saya juga ingin membagi persiapan menghadapi PPL, tahapan/kegiatan apa saja yang akan dilalui selama PPL, serta solusi untuk permasalahan/konflik selama PPL.

Karena begitu banyak hal dikepala saya yang ingin saya tuliskan, maka saya akan membagi tulisan ini menjadi 3 bagian.


Tentunya, karena post yang ditulis berdasarkan pengalaman saya di tahun 2015, maka ada kemungkinan perubahan mekanisme PPL beserta istilah-istilahnya. Sehingga, pembaca dapat menyesuaikannya dengan yang terbaru.

Silakan dibaca dan dibagikan kepada teman yang membutuhkan. Enjoy! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar