Rabu, 23 April 2014

Mengapa saya harus belajar?


a.       Karena saya haus akan pengetahuan
b.      Karena saya sedang bersekolah
c.       Karena saya ingin mendapat nilai yang bagus
d.      Karena saya ingin lulus dan mendapat ijazah
e.      Karena saya telah merencanakan masa depan saya
f.        Karena ......
g.       Saya tidak harus belajar, karena saya punya hak untuk tidak belajar dan membaca, mengerjakan tugas dan PR yang banyak dan mendengarkan ceramah guru yang membosankan. Saya datang ke sekolah hanya agar bertemu dan melakukan hal-hal dengan teman-teman.
h.      Karena saya harus menjadi orang yang pintar agar tidak mudah ditipu orang
i.         Karena orang tua saya seorang pejabat/tokoh masyarakat/guru/polisi (terkenal)

Semua jawaban tersebut benar sesuai hak anda untuk memilih, tapi pertanyaannya,
 “Mengapa anda memilih jawaban tersebut?”
“Apakah anda sudah yakin betul dengan jawaban anda?”
“Apakah anda bersungguh-sungguh dalam menjawab pertanyaan tersebut?”
“Atau malah anda tidak tau kenapa anda harus belajar, seperti matematika /fisika /kimia /akuntansi /sejarah?”
“Apa gunanya anda belajar/ber sekolah?”

Anda akan melakukan sesuatu dengan benar apabila mengetahui tujuan dari apa yang anda lakukan. Seperti belajar,  apa tujuan anda belajar sesuatu, baik disekolah atau membaca petunjuk memasak dari internet atau belajar photoshop secara otodidak. Apa yang sebenarnya anda cari dari belajar?

Seharusnya anda menjawab, “Saya belajar sesuatu untuk kehidupan saya yang lebih baik”. Dengan jawaban itu, saya yakin anda tidak akan bermalas-malasan dalam proses belajar. Tentunya hal ini akan terlaksana dengan baik apabila pengajar (guru, tentor dan sejenisnya) juga memiliki visi/tujuan yang sama, yaitu “Saya mengajarkan sesuatu untuk kehidupan saya dan murid saya yang lebih baik”

Mengapa saya tulis ‘kehidupan yang lebih baik’? 
Saya kira anda kurang termotivasi dengan kalimat ini. So, read this...

Seharusnya anda belajar bahasa Indonesia agar memiliki kosa kata dan cara bicara yang baik, agar komunikasi dengan sesama lancar. Agar saat menulis bukan sekedar merangkai kata (copy-paste) tapi menulis sebagai merangkai ide-ide dalam bentuk tulisan yang baik. Agar saat membaca koran, anda mengetahui kata-kata serapan dan arti dari suatu istilah. Agar saat mendengarkan cerita teman anda, dapat menyerap dan memberikan tanggapan dari pertanyaan (yang berhubungan dengan cerita itu).

Seharusnya anda belajar kimia agar memiliki pengetahuan tentang zat-zat kimia yang terkandung dalam kosmetik anda agar anda lebih teliti dalam memilih apa yang anda gunakan.

Seharusnya anda belajar akuntansi agar memiliki kemampuan untuk dapat mengatur keuangan anda sendiri.

Seharusnya anda belajar biologi agar memiliki pengetahuan tentang gejala alam atau penyakit. Agar anda tidak semata-mata menyalahkan pemerintah saat terjadi banjir (padahal anda membuang sampah sembarangan/ membuang sampah disungai). Agar anda dapat mencegah penyakit DBD yang diderita adik anda tidak lebih parah, dengan mengetahui gejalanya dan segera membawanya ke dokter.

Begitulah seterusnya, seharusnya anda memikirkan tujuan anda belajar, alasan mengapa anda harus belajar sesuatu, yaitu untuk kehidupan anda yang lebih baik.

BUKAN SEKEDAR NILAI BAGUS

BUKAN SEKEDAR PREDIKAT/GELAR

BUKAN SEKEDAR BELAJAR

TAPI

SAYA BELAJAR UNTUK KEHIDUPAN SAYA YANG LEBIH BAIK.

Selamat belajar!
Selamat menjadi manusia yang lebih baik!
Selamat menebar kebaikan! :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar